Selasa, 17 April 2012

tugas pengantar ekonomi dan manajeman 2 (fungsi perencanaan)

FUNGSI PERENCANAAN
1.     1. Konsep Dasar Perencanaan dalam Manajemen
Perencanaan (planning) merupakan proses dasar untuk memilih tujuan dan menetapkan bagaimana caranya mencapainya. Merencanakan berarti mengupayakan penggunaan sumberdaya manusia (human resources), sumberdaya alam (natural resources), dan sumberdaya lainnya (other resources) untuk mencapai tujuan. Dengan demikian pengertian Perencanaan dapat dilihat dari tiga sisi :
(i).     Dari sisi Proses, fungsi perencanaan adalah proses dasar yang digunakan untuk memilih   tujuan dan menentukan bagaimana tujuan tersebut akan dicapai.
(ii).    Dari sisi Fungsi Manajemen, perencanaan adalah fungsi dimana pimpinan menggunakan pengaruh atas wewenangnya untuk menentukan atau mengubah tujuan dan kegiatan organisasi.
(iii).   Dari sisi Pengambilan Keputusan, perencanaan merupakan pengambilan keputusan untuk jangka waktu yang panjang atau yang akan dating mengenai apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana dan siapa yang akan melakukannya, dimana keputusan yang diambil belum tentu sesuai, hingga implementasi perencanaan tersebut dibuktikan dikemudian hari.
George R. Terry, menyatakan bahwa untuk mengetahui apakah perencanaan itu baik atau tidak dapat dijawab melalui pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai Perencanaan, yaitu ; WHAT, WHY, WHERE, WHEN, WHO dan HOW.
1.     2. Tahap Dasar Perencanaan
Ada 4 tahap langkah perencanaan dan ini dapat disesuaikan dengan semua kegiatan perencanaan pada semua tingkat di dalam organisasi.
Langkah 1 :  Tetapkan tujuan atau seperangkat tujuan. Perencanaan dimulai dengan keputusan tentang apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh suatu organisasi atau sub unit.
Langkah 2 :  Definisikan situasi saat ini. Berapa jauhkah organisasi atau sub unit itu dari sasaran-sasarannya ? Sumberdaya apakah yang tersedia untuk mencapai sasaran tersebut ?. Hanya setelah keadaan sekarang dianalisis, maka rencana dapat disusun untuk membuat rencana selanjutnya.
Langkah 3 :  Identifikasi hal-hal yang membantu dan menghambat tujuan-tujuan.Faktor-faktor apa dalam lingkungan internal dan eksternal yang dapat membantu organisasi mencapai sasarannya ? Faktor-faktor apa yang mungkin menimbulkan masalah ?
Langkah 4 :  Kembangkan rencana atau perangkat tindakan untuk mencapai tujuan.Langkah terakhir dari proses perencanaan melibatkan berbagai alternatif arah tindakan untuk mencapai sasaran yang di inginkan, mengevaluasi alternatif-alternatif yang ada dan memilih diantara alternatif tersebut yang paling sesuai untuk mencapai sasaran.
Dalam setiap organisasi, perencanaa disusun dalam suatu hierarki yang sejajar dengan struktur organisasi. Pada setiap hierarki umumnya perencanaan memiliki dua fungsi, yaitu :
1.     Menetapkan tujuan yang akan dicapai pada hierarki yang lebih rendah.
2.     Sebagai alat untuk mencapai perangkat tujuan pada hierarki lebih tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar