Jumat, 05 April 2013

tulisan 1 kewarnegaraan ( Bab 1 pengantar pendidikan kewarnegaraan )


Bab 1
Pengantar pendidikan kewarnegaraan
a.     Latar belakang pendidikan kewarnegaraan dan kompetensi yang diharapkan
1.      Latar belakang pendidikan kewarnegaraan
Perjalanan panjang sejarah bangsa indonesia yang dimulai sejak era sebelum dan selama penjajahan, kemudiandilanjutkan dengan era perebutan dan mempertahankan kemerdekaan sampai hingga era pengisian kemerdekaan menimbulkan kondisi dan tuntutan yang berbeda tersebut ditanggapai oleh bangsa indonesia berdasarkan kesamaan nilai-nilai perjuangan bangsa yang senantiasa tumbuh dan berkembang. Kesamaan nilai-nilai ini dilandasi oleh jiwa, tekad, dan semangat kebangsaan.
Semangat perjuangan bangsa merupakankekuatan mental spiritual yang dapat melahirkan sikap dan perilaku heroik dan patriotik serta menumbuhkan kekuatan, kesanggupan, dan kemauan yang luar biasa.
Nilai-nilai perjuangan bangsa indonesia dalam perjuangan fisik merebut, mempertahankan, dan mengisi telah menggalami pasang surut sesuai dengan dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.      Kompetensi yang diharapkan dari pendidikan kewarnegaraan
Masyarakat dan pemerintah suatu negara berupaya untuk menjamin kelangsungan hidup serta kehidupan generasi penerusnya secara berguna (berkaitan dengan kemampuan spiritual) dan bermakna (berkaitan dengan kemampuan kognitif dan psikomotorik).
b.     Pemahaman tentang bangsa, negara, hak dan kewajiban warga negara, hubungan warga negara dengan negara atas dasar demokrasi, hak asasi manusia (HAM), dan bela negara
1.      Pengertian dan pemahaman tentang bangsa dan negara
Bangsa adalah orang-orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarah serta pemerintahan sendiri.
Sedangkan negara adalah suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang sama-sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok tersebut.
2.      Negara dan warga negara dalam sistem kenegaraan di indonesia
Kedudukan negara kesatuan republik indonesia. Negara yang pada dasarnya mensyaratkan adanya wilayah, pemerintahan, penduduk sebagai warga  negara dan pengakuan dari negara-negara lain sudah dipenuhi oleh negara kesatuan republik indonesia (NKRI).
3.      Proses bangsa yang menegara
Proses bangsa yang menegara memberikan gambaran tentang bagaimana terbentuknya bangsa, dimana sekelompok manusia yang berada di dalam merasa sebagai bagian dari bangsa.
4.      Pemahaman hak asasi dan kewajiban warga negara
Dalam UUD 1945 bab X, pasal tentang warga negara telah diamanatkan pada pasal 26, 27, 28, dan 30
5.      Hubungan warga negara dan negara
a.       Siapakah warga negara
b.      Kesamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan
c.       Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan
d.      Kemerdekaan berserikat dan berkumpul
e.      Kemerdekaan memeluk agama
f.        Hak dan kewajiban pembelaan negara
g.       Hak mendapat pengajaran
h.      Kebudayaan nasional  indonesia
i.         Kesejahteraan sosial
6.      Pemahaman tentang demokrasi
a.       Konsep demokrasi
b.      Bentuk demokrasi dalam pengertian sistem pemerintahan negara
c.       Pemahaman tentang demokrasi indonesia
7.      Pemahaman tentang hak asasi manusia
Di dalam mukadimah deklarasi universal tentang HAM yang telah disetujui dan diumumkan oleh resolusi majelis umum PBB no 217 A (III) tanggal 10 desember 1948.
8.      Kerangka dasar kehidupan nasional meliputi katerkaitan antara falsafah pancasila, UUD 1945, wawasan nusantara, dan ketahanan nasional
a.       Konsepsi hubungan antara pancasila dan bangsa
b.      Pancasila sebagai landasan idiil
9.      Landasan hubungan UUD 1945 dan negara kesatuan republik indonesia
a.       Pancasila sebagai ideologi negara
b.      UUD 1945 sebagai landasan konstitusi
c.       Implementasi konsepsi UUD 1945 sebagai landasan konstitusi
d.      Konsepsi pertama tentang pancasila sebagai cita-cita dan ideologi negara
e.      Konsepsi UUD 1945 dalam mewadahi perbedaan pendapat
f.        Konsepsi UUD 1945 dalam infrastruktur politik
10.  Perkembangan pendidikan pendahuluan bela negara
a.       Situasi NKRI terbagi dalam periode-periode
b.      Pada periode lama bentuk ancaman yang dihadapi adalah ancaman fisik